Entri yang Diunggulkan

Gambar Gambar

Rabu, 27 Juli 2016

pengertian subnet mask dan prefix ip address

Pengertian Subnet Mask dan Prefix IP Address

Sebelum kita membahas Subnet Mask sebaik-baiknya kita harus mengenal Prefix lebih dulu. Dalam pembahasannya sobat akan sering sekali menemui bilangan biner. Untuk memudahkan dalam menerjemahkan angka biner ke desimal bisa lihat rumusan di paling bawah pada artikel ini.


Saya berasumsi bahwa Sobat sudah mengenal apa itu IP Address
Oke kita mulai masuk ke pembahasan Prefix pada Ip Address

Apa itu prefix ? fungsinya ?

Pada artikel saya tentang PENGERTIAN IP ADDRESS sudah pernah dibahas bahwa ternyata IP Address terdiri dari 32 bit angka biner. dan bahwa dalam sebuah IP Address yang terdiri dari 32 bit biner tadi terdapat porsi NETWORK-ID dan porsi HOST-ID.
NETWORK-ID digunakan untuk identifikasi alamat jaringan sehingga apabila ‘Jaringan lain’ ingin berkomunikasi dengan jaringan kita tinggal menuju ke Network ID tersebut.
Sedangkan HOST-ID adalah Identifikasi Host atau Komputer yang ada di dalam jaringan.Nah bagaimana kita dapat menentukan yang mana porsi Network-id dan yang mana Host-id nya ? padahal kita tidak dapat dengan begitu saja mengatakan bahwa 8 bit terakhir dari sebuah alamat IP adalah porsi Host-id. Inilah gunanya Prefix.
Prefix berfungsi sebagai penunjuk berapa banyak bit dari sebuah IP Address yang merupakan porsi Network-id.
Dengan mengetahui Prefix kita bisa mengetahui Host mana saja yang dapat dipakai. Prefix ini biasanya di gunakan dalam konfigurasi Router.
Contoh penulisan prefix “ 192.168.3.0/24 “ .. dimana /24 adalah prefix dari jaringan 192.168.3.0 yang artinya jika 192.168.3.0 diubah dalam 32 bit angka biner maka 24 angka pertama merupakan NETWORK-ID dan 8 bit sisanya adalah HOST-ID . perhatikan uraian di bawah ini :
prefix-1
Penggunaan prefix /24 ternyata akan menghasilkan jaringan dengan jumlah host sebanyak 254.
Untuk lebih jelasnya kita gunakan lagi contoh lain. Kali ini dengan network address dan prefix yang berbeda. Network address tidak selamanya bernilai seperti 192.168.3.0 . network address bisa saja memakai nilai lain tergantung pada prefix.
Contoh kita akan mencari ip address yang bisa digunakan pada ip 192.168.3.130/29
Pengertian Subnet Mask, Prefix dan cara menghitung Biner.
Penggunaan prefix /29 hanya menghasilkan sebanyak 6 host saja. Kira kira begitulah fungsi prefix pada jaringan komputer. Selanjutnya kita akan bahas Subnetmask

Pengertian Subnet Mask .

Apa itu subnet mask ? sama seperti Prefix , Subnet mask juga merupakan penentu porsi Network-id dan Host-Id pada deretan angka binner. Nilai subnet mask ini mengikuti nilai prefix , itu sebabnya saya membahas prefix lebih dulu.
Jadi apa bedanya subnet mask dengan prefix ? beda penulisan saja sobat. Subnet mask di tuliskan dalam bentuk biner.
Sebagai contoh jika kita memiliki IP Address 192.168.4.1 /24 (prefix 24) maka menurut pembahasan sebelumnya 24 bit pertama adalah porsi Network-ID dan 8 bit setelahnya adalah porsi Host-ID. Cara mendapatkan subnet mask nya cukup mudah yaitu
Jika bit Ip address tersebut adalah porsi Network-id maka semua nilai bit nya adalah SATU.
Jika bit Ip address tersebut adalah porsi Host-id maka semua nilai bit nya adalah NOL.
contoh : 
Pengertian Subnet Mask, Prefix dan cara menghitung Biner.
Maka Subnet Mask dari IP Address ber Prefix /24 adalah 255.255.255.0
contoh lain jika prefix nya /28 : 
Pengertian Subnet Mask, Prefix dan cara menghitung Biner.
Maka Subnet Mask dari IP Address ber Prefix /28 adalah 255.255.255.240
Nah kira kira begitulah cara menuliskan Subnet Mask pada pengaturan IP Address.

Cara mudah menghitung biner pada IP address.

IP address memang terdiri dari 32 bit angka binner. Namun tetap saja jumlah bit terbanyak yang akan kita hitung adalah 8 bit saja karena 32 bit IP address merupakan gabungan dari 4 buah 8 bit bilangan biner .. untuk lebih mudahnya coba perhatikan tabel yang saya buat dibawah ini .
Pengertian Subnet Mask, Prefix dan cara menghitung Biner.

0 komentar:

Posting Komentar